Home
/
Archives
/
Vol. 2 No. 04 (2015): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Oktober 2015
/
Articles
PENGEMBANGAN KUALITAS PRODUK DODOL RUMPUT LAUT UKM AULIA SARI MENGGUNAKAN INTEGRASI DIMENSI KUALITAS PRODUK DAN MODEL KANO
Authors
Aziz Pratama Thahir
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University, Indonesia
Yati Rohayati
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University, Indonesia
Aulia F Hadining
Program Studi Teknik Industri, Fakultas Rekayasa Industri, Telkom University, Indonesia
Keywords:
model kano, dimensi kualitas, dodol rumput laut
Abstract
Aulia Sari adalah satu-satunya badan usaha yang memproduksi dodol rumput laut di pulau Jawa. Jumlah penjualan dodol di Jawa Barat cukup tinggi karena merupakan salah satu oleh-oleh khas Jawa Barat. Rumput laut dodol Aulia Sari, dengan banyak manfaat yang ditawarkan dari rumput laut, tidak mendapatkan jumlah penjualan yang besar di Bandung sebagai lokasi badan usaha ini didirikan. Hal ini disebabkan oleh rendahnya tingkat kepuasan pelanggan terhadap performa produk. Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas produk rumput laut dodol agar dapat meningkatkan tingkat kepuasan pelanggan menggunakan integrasi model Kano dan dimensi kualitas produk. Keuntungan menggunakan model Kano dan dimensi kualitas produk dalam pengembangan produk telah terbukti dapat meningkatkan kinerja produk dalam beberapa penelitian sebelumnya. Penelitian ini menggunakan 4 dimensi kualitas produk yang telah disesuaikan dengan produk dalam bentuk makanan dan 22 variabel kualitas produk yang berasal dari Voice of Customer dan terintegrasi dengan model Kano. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan faktor-faktor apa yang akan dipertahankan, ditingkatkan atau dihapus dari produk rumput laut dodol Aulia Sari UKM. Pada penelitian ini didapatkan 15 atribut kebutuhan yang harus diperbaiki dari produk dodol rumput laut Aulia Sari.
Downloads
Download data is not yet available.
Most read articles by the same author(s)
Rr. Asri Ismaya Putri,
Yati Rohayati,
Atya Nur Aisha,
EVALUASI PEMENUHAN KRITERIA CPPB-IRT DAN SERTIFIKASI HALAL PADA UKM PELANGI RASA
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 2 No. 03 (2015): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Juli 2015
Annisaa Rasyida,
Yati Rohayati,
Atya Nur `Aisha,
ANALISIS TRUE CUSTOMER NEEDS PRODUK GREEN TEA CHOCOLATE BERDASARKAN INTEGRASI PRODUCT QUALITY DAN MODEL KANO PADA UKM ARAFA TEA
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 3 No. 01 (2016): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Januari 2016
Alan Arif Dharmasaputra,
Yati Rohayati,
Atya Nur Aisha,
PERUMUSAN PROGRAM KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU GREEN TEA CHOCOBAR ARAFA TEA DENGAN PENDEKATAN BENCHMARKING
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 2 No. 04 (2015): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Oktober 2015
Yansen Theopilus,
Michael Purwoko,
Customer Preferences and Satisfaction Analysis of Video Conference Application for Productive Activities Using Kano Model
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 8 No. 02 (2021): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri
Muhammad Ilham Syahidan,
Andika Bayu Herbowo,
Sari Wulandari,
PENINGKATAN KUALITAS LAYANAN BERDASARKAN ANALISIS KEBUTUHAN PELANGGAN POSPAY KOTA BANDUNG MENGGUNAKAN SERVQUAL, MODEL KANO, DAN TEKNIK TRIANGULASI
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 2 No. 01 (2015): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Januari 2015
Muhammad Tholhah,
Narto,
Integration of Importance Performance Analysis (IPA) Method and KANO Model to Measure Customer Satisfaction Level at Bosque Cafe Bungah Gresik
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 10 No. 02 (2023): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri
Ayren Tantri Sofan,
Rino Andias Anugraha,
Pratya Poeri Suryadhini,
ANALISIS DAN PERBAIKAN UNTUK MEMINIMASI DEFECT PADA PROSES (STUDI KASUS DI PT ABO FARM)
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 1 No. 01 (2014): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Juli 2014
Asti Amalia Nur Fajrillah,
R. Wahjoe Witjaksono,
Pengaruh Penerapan Knowledge Management (KM) Terhadap Kesuksesan Pengadaan Sistem Informasi: Pendekatan Kuantitatif
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 4 No. 02 (2017): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Desember 2017
Chairuddin Chairuddin,
ANALISIS MODEL EKSTRAKSI CITRA SATELIT UNTUK PREDIKSI TANAMAN PADI DENGAN PENDEKATAN MODEL STATISTIK DAN KECERDASAN BUATAN
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 1 No. 02 (2014): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Oktober 2014
Pratya Poeri Suryadhini,
MODEL PENJADWALAN BATCH PADA FLOWSHOP DUA TAHAP DENGAN VARIASI JUMLAH PART UNTUK MEMINIMASI TOTAL ACTUAL FLOW TIME
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 2 No. 02 (2015): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - April 2015
Afifa Sucihana Ismadhia,
Ari Yanuar Ridwan,
Rosad Ma’ali El Hadi,
A Scor-based Model For Green Sales And Distribution Performance Measurement In The Leather Tanning Industry
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 5 No. 01 (2018): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Juni 2018 (In Press)
Khuria Amila,
Kadarsah Suryadi,
KEEFEKTIFAN ONLINE KNOWLEDGE SHARING BEHAVIOR (STUDI KASUS: BLENDED LEARNING ITB)
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 1 No. 01 (2014): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Juli 2014
Annisaa Rasyida,
Yati Rohayati,
Atya Nur `Aisha,
ANALISIS TRUE CUSTOMER NEEDS PRODUK GREEN TEA CHOCOLATE BERDASARKAN INTEGRASI PRODUCT QUALITY DAN MODEL KANO PADA UKM ARAFA TEA
,
JRSI (Jurnal Rekayasa Sistem dan Industri): Vol. 3 No. 01 (2016): Jurnal Rekayasa Sistem & Industri - Januari 2016
1 2 3 4 5 6 7 > >>
You may also start an advanced similarity search for this article.